Sabtu, 08 Juni 2013

Buku jadul th.1955, Kesehatan Rakjat di Indonesia, Pandangan dan Planning oleh Dr. J. Leimena



Daftar isi buku

Di cetak oleh: N.V. Van Dorp & Co
th.1955

Dr. J. Leimena (kanan)

Dr. J. Leimena (tengah)

Dr. J. Leimena (kanan)

Buku Kesehatan Rakjat di Indonesia, Pandangan dan Planning.
Buku yang ditulis th.1955 oleh Dr. J. Leimena, buku yang sebaiknya wajib dibaca oleh Mahasiswa Kedokteran dan para Dokter yang sudah berpraktek dan juga orang-orang yang bekerja di bidang pelayanan kesehatan.

Tebal buku: 197 halaman.
Termasuk 3 bh. foto jadul dari Dr. Leimena di th.1960-an, ukuran besar: 18cm x 12cm.
Foto asli jadul, masih dicetak diatas kertas foto yang tebal, merk "agfa" buatan Jerman yang umum digunakan th.1950an dan 1960an dan terdapat tulisan kecil-kecil "agfa" pada setiap bagian belakang foto.

Dr. Johannes Leimena
(lahir di Ambon, Maluku, 6 Maret 1905 – meninggal di Jakarta, 29 Maret 1977 pada umur 72 tahun) adalah salah satu pahlawan Indonesia. Ia merupakan tokoh politik yang paling sering menjabat sebagai menteri kabinet Indonesia dan satu-satunya Menteri Indonesia yang menjabat sebagai Menteri selama 21 tahun berturut-turut tanpa terputus.

Leimena masuk ke dalam 18 kabinet yang berbeda, sejak Kabinet Sjahrir II (1946) sampai Kabinet Dwikora II (1966), baik sebagai Menteri Kesehatan, Wakil Perdana Menteri, Wakil Menteri Pertama maupun Menteri Sosial. Selain itu Leimena juga menyandang pangkat Laksamana Madya (Tituler) di TNI-AL ketika ia menjadi anggota dari KOTI (Komando Operasi Tertinggi) dalam rangka Trikora.

Dengan keaktifannya di Jong Ambon, ia ikut mempersiapkan Kongres Pemuda Indonesia 28 Oktober 1928, yang menghasilkan Sumpah Pemuda. Perhatian Leimena pada pergerakan nasional kebangsaan semakin berkembang sejak saat itu.
Setelah menempuh pendidikan kedokterannya di STOVIA Surabaya (1930), ia melanjutkan pendidikan di Geneeskunde Hogeschool (GHS - Sekolah Tinggi Kedokteran) di Jakarta yang diselesaikannya pada tahun 1939. Ia juga dikenal sebagai salah satu pendiri Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI)

Leimena mulai bekerja sebagai dokter sejak tahun 1930. Pertama kali diangkat sebagai dokter pemerintah di "CBZ Batavia" (kini RS Cipto Mangunkusumo). Tak lama ia dipindahtugaskan di Karesidenan Kedu saat Gunung Merapi meletus. Setelah itu dipindahkan ke Rumah Sakit Zending Immanuel Bandung. Di rumah sakit ini ia bertugas dari tahun 1931 sampai 1941.

Jabatan
Diangkat menjadi Pahlawan Nasional
Sebagai penghargaan kepada jasa-jasanya, pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden No 52 TK/2010 pada tahun 2010 memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Dr. Leimena. 

Sumber: Wikipedia.

Untuk melihat gambar yang lebih besar / lebih jelas,
click pada gambar yang akan dilihat.

Harga: 200 rb. untuk buku dan 3 bh. foto jadul
(Sudah termasuk ongkos kirim lewat TIKI Jne atau Pos Indonesia)
Keterangan lebih lanjut mengenai pembelian, pengiriman barang,
cara pembayaran dll. silahkan hub. 0813.1540.5281
atau e-mail: neneng1971@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar