Kamis, 04 November 2010

2 bh. Penerbitan khusus Filateli oleh Djawatan PTT Medan, dengan Cap Peringatan 1 Tahoen Kemerdekaan Repoeblik Indonesia (SUDAH TERJUAL)




Dengan Cap khusus: Indonesia Merdeka * Rakjat Bahagia

Dengan Cap khusus: Peringatan 1 Tahoen Negara Repoeblik Indonesia



Prangko Peringatan 1 Tahoen Kemerdekaan Repoeblik Indonesia, 17 Agustus 1946
yang diterbitkan oleh Djawatan P.T.T. Medan, Sumatra Utara.
Prangko dengan cap khusus diatas prangko Masa Pendudukan Jepang yang terbit th.1943-44.

Di masa Perang mempertahankan Kemerdekaan, pada tgl.29 September 1945, pemuda-pemuda Indonesia mengambil alih Kantor Pos Pusat di Bandung dan sejak tgl. tsb. pelayanan Pos ditangani oleh Djawatan P.T.T. (nama P.T. Pos Indonesia pada masa itu).

Tetapi tgl. 29 September 1945, tentara Belanda yang membonceng tentara Sekutu yang bertugas untuk melucuti persenjataan tentara Jepang mendarat di Batavia (sekarang Jakarta).
Terjadilah perang fisik paling berdarah dalam sejarah bangsa Indonesia yang menelan korban lebih dari 1 juta jiwa. Perang berlangsung sejak Oktober 1945 sampai dengan akhir 1949.

Dari sudut pandang Filateli, masa tsb. sangat menarik karena ada dua pelayanan pos yang diselenggarakan oleh dua negara yang bermusuhan di atas wilayah yang sama.
Di kota-kota besar yang berhasil direbut oleh Belanda berlangsung pelayanan pos dengan menggunakan prangko Ned Indie, dilain pihak di daerah-daerah yang masih dikuasai oleh tentara RI, pelayanan pos diselenggarakan oleh Djawatan PTT dengan menggunakan prangko Indonesia.

Untuk melihat gambar yang lebih besar / lebih jelas,
click pada gambar yang akan dilihat.
Sudah Terjual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar